Opini/Artikel

Rukyah Kecerdasan SMPN 08 Purworejo di Kampung Dakwah
Berita , @ 29/10/2018 08:33:03
WALISONGO, Penyuluh Agama Islam Nusantara
Artikel , @ 26/09/2018 10:13:06
Tehnis dan Tata Cara Perawatan Janazah
Fiqh Ibadah , @ 24/09/2018 10:40:23
Ruqyah Kecerdasan di Kampung Dakwah
Berita , @ 20/09/2018 10:45:16
SEMARAK TAHUN BARU 1440 H DI KEC. ROWOKELE
Berita , @ 12/09/2018 10:34:33

Polling

Bagaimanakah kinerja kelompok kerja penyuluh Kemenang Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Setujukah dakwah Islam juga dilakukan melalui media online ?
Sangat setuju
Setuju
Tidak setuju
Tidak tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Opini/Artikel / Opini / Detail

Hukum Belajar tentang Haidh, Nifas dan Istihadloh

Opini 09 Maret 2018 10:54:57 WIB Susanto, Penyuluh Agama Kecamatan Sempor dibaca 175 kali

Kaum wanita wajib belajar tentang hukum-hukum haidl, nifas,da istihadloh yag dibutuhkan. Juka sudah punya suami, dan suaminya megerti hukum-hukum yang dibutuhka tersebut, maka suaminya wajib mengajar. Adapun jika suaminya juga tidak mengerti, maka perempuan tersebut wajib pergi untuk belajar kepada orang yang mengerti, dan suaminya haram mencegahnya kecuali suaminya yang belajar kemudian diajarkan pada istriya. (Ket. Syarwani,Juz 1,Hlm 414)

Hal ini harus kita perhatikan sugguh sugguh. Sebab masih banyak sekali wanita yag sudah haidl,,nifas, atau istihadloh, tetapi belum mengerti tentang hukum -hukumnya. Bahkan banyak yang sudah berumah tangga ,baik yang laki-laki atau yang perempuan sama sekali belum mengerti tentang hal ini. Padahal bab ini sangat kuat hubunganya degan sholat, puasa, mandi, hubungan suami istri dan sebagainya. Sedangkan orang-orang tersebut pada umumnya tidak memperhatikan, tidak mau belajar, atau belum diberi pelajaran oleh gurunya. Kemudian siapa yag berdosa dalam hal ini?.Tentu hal ini yag paling urgen dan pr bagi kita para penyuluh untuk bersama sama berpartisipasi dalam rangka membimbing mereka agar memahami tentang hukum -hukum Islam yag salah satunya adalah mengetahui hukum tentang haidl,ifas dan istihadloh.

Hal ini tentunya tidak mudah ,karena mayyoritas masyarakat kurang respon atau bahkan merasa tabu untuk membicarakan hal ini,kecuali mereka yang betul betul ingin mempelajari hukum islam secara keseluruhan.Termasuk megetahui macam darah yang keluar dari seorang wanita yang meliputi Haidl,nifas,dan istihadhoh beserta sifat-sifatnya.