Polling

Bagaimanakah kinerja kelompok kerja penyuluh Kemenang Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Setujukah dakwah Islam juga dilakukan melalui media online ?
Sangat setuju
Setuju
Tidak setuju
Tidak tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Profil / Visi Misi Desa Jemur

Visi Misi Desa Jemur

Visi, misi dan harapan masyarakat dalam penanganan kawasan permukiman kumuh di Desa Jemur didasarkan pada kondisi yang diharapkan secara realistis ideal, dengan memperhatikan kondisi wilayah, potensi, permasalahan serta sistem nilai yang mendasari hakikat permukiman bagi penciptaan penghidupan yang mensejahterakan dengan pendekatan pembangunan berkelanjutan. 

Penentuan visi misi Desa Jemur disusun melalui beberapa proses, khsususnya melalui tahapan kegiatan RPK yang dilanjutkan dengan penggalian visi yang dilakukan secara bertahap bersama masyarakat dengan beragam latar belakang.

Visi sendiri merupakan suatu pandangan ke depan yang menggambarkan arah dan pengelolaan lingkungan permukiman. Visi dalam konteks penanganan kawasan permukiman diarahkan untuk mendorong terwujudnya permukiman ideal yang layak dan mampu mewadahi aktifitas sosial dan ekonomi serta lingkungan masyarakat Desa Jemur. Adapun visi penanganan kawasan permukiman kumuh di Desa Jemur adalah :

Mewujudkan Desa Jemur yang berwawasan lingkungan

Penentuan visi tersebut didasarkan pada beberapa latar belakang persoalan sebagai berikut :

1. Geografis Desa Jemur merupakan Desa yang bersinggungan dengan pantai selatan. Rob merupakan persoalan rutin dan menahun. Ini menjadi penyebab ketidaknyamanan masyarakat. Menjadikan rumah tergenang setiap saat apalagi jika hujan datang.

2. Karena Rob yang sudah menahun juga menyebabkan terjangkitnya penyakit kulit. Pemenuhan kebutuhan air bersih/minum juga baru belakangan ini dipenuhi dengan PDAM. Sementara kondisi air sumur juga sudah jauh dari layak.

3. Faktor pendapatan yang masih jauh dari mencukupi 

Adapun arah pengembangangannya yaitu :

1. Aman; mengharapkan kondisi permukiman yang terbebas dari rob dan bajir; tersedianya sarana prasarana lingkungan yang optimal berupa penanganan rob yang paripurna dari hulu dan hilir; Peningkatan jalan lingkungan dan rumah warga. Sementara secara sosial juga bisa teratasinya persoalan penggunaan narkoba yang menjangkiti generasi muda yang ada.

2. Nyaman; persoalan sampah ‘kiriman’ yang ada di aliran sungai bisa teratasi di hulu; tersedianya prasarana pendukung yang layak kaitannya dengan pengelolaan sampah yang sudah ada dan berjalan.

3. Sejahtera, menggambarkan kondisi masyarakat yang terpenuhi dan kondusif secara aktifitas perekonomian dan sosial.

Beberapa harapan yang menjadi dambaan masyarakat Desa Jemur :

1. Tertanganinya persoalan rob secara optimal 

2. Peningkatan jalan lingkungan (poros desa dan gang-gang)

3. Dikeruknya draenase lingkungan secara berkala dan berkelanjutan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih.

4. Terbangunnya jaringan distribusi Pamsimas ke RT-RT 

5. Tersediakannya prasarana pendukung pengelolaan sampah berbasis rumah tangga