Polling

Bagaimanakah kinerja kelompok kerja penyuluh Kemenang Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Setujukah dakwah Islam juga dilakukan melalui media online ?
Sangat setuju
Setuju
Tidak setuju
Tidak tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Jemur Dalam Angka / Letak Geografis

Letak Geografis

a. Letak Geografis dan Administrasi Wilayah

Desa Jemur berada di Kecamatan Kebumen dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara        : Desa Kemangguhan

Sebelah Selatan  : Desa Gemeksekti

Sebelah Barat  : Desa Karangsari

Sebelah Timur       : Kec Pejagoan

Desa Jemur mempunyai luas wilayah 231  ha yang terdiri dari luas sawah 49 ha dan bukan sawah 182 ha. Secara administratif  Desa Jemur  terbagi dalam 3 dusun yaitu Sokawera,Clowok dan Karang cekrik. Menurut jumlah RT/RW terdiri dari  3 RW dan 14  RT. Sarana jalan pada umunya cukup  memadai,  baik  jalan  lingkungan  maupun jalan desa. Jarak  Desa Jemur ke kecamatan adalah 3,5  km sedangkan ke kabupaten 3  km

Desa  Jemur  terletak  pada  ketinggian  10  m  dpl.  seperti  umumnya  daerah  lain Kabupaten Kebumen sebagian besar tergolong  beriklim tropis  dengan curah hujan tahunan berkisar dari 2.300 - 3000 mm, bulan kering terjadi selama 3 bulan. Suhu rata-rata harian berkisar 24oC, dengan suhu minimum 23o C dan maksimum 28o C. 

Pembagian wilayah RW dapat dilihat pada Peta 3.3.  sebagai berikut :

                  
Peta 3.3. Pembagian Wilayah RW.
Sumber : Pemetaan Swadaya, 2016

Peta pembagian wilayah dusun di Desa Jemur dapat dilihat pada Peta 3.4.  sebagai berikut :
                   
Peta 3.4. Pembagian Wilayah Dusun.
Sumber : Pemetaan Swadaya, 2016


b. Toporafi
Desa Jemur berada di Kecamatan Kebumen dengan ketinggian 780 m di atas permukaan laut. Sedangkan kemiringan tanah di Desa Jemur bervariasi, antara datar, hampir datar, landai, agak terjal, , hampir terjal,  terjal dan sangat terjal.

c.  Klimatologi
Kondisi klimatologi Desa Jemur tidak jauh berbeda dengan kondisi klimatologi Kabupaten Kebumen. Secara umum Desa / Desa Jemur beriklim tropis dengan musim penghujan dan musim kemarau yang diselingi dengan musim pancaroba datang silih berganti sepanjang tahun. Namun akibat perubahan iklim global yang menyebabkan terjadinya perubahan waktu tiap musim maka waktu tiap musim di Desa Jemur saat ini tidak dapat diprediksi. Suhu rata-rata harian berkisar 24oC, dengan suhu minimum 23o C dan maksimum 28o C, dengan curah hujan tahunan berkisar dari 2.300-3.000 mm, bulan kering terjadi selama 3 bulan.

d. Hidrologi
Hidrologi di Desa Jemur dibedakan menjadi 2 yaitu hidrologi air permukaan dan hidrologi air  tanah.  Keberadaan  hidrologi permukaan di Desa Jemur cukup  bagus dengan kondisi air yang cukup sepanjang tahun.
Hidrologi permukaan di desa ini adalah sungai dan saluran irigasi. Hidrologi air tanah di Desa Jemur terdiri dari air sumur dan mata air. Kondisi sumur di Desa Jemur tidak semuanya bagus, sebagian berwarna kuning kecoklatan dan berbau. 
Hidrologi di Desa Jemur dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air bersih rumah tangga, sebagai sumber irigasi pertanian, perikanan dan MCK.