Polling

Bagaimanakah kinerja kelompok kerja penyuluh Kemenang Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Setujukah dakwah Islam juga dilakukan melalui media online ?
Sangat setuju
Setuju
Tidak setuju
Tidak tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Profil / Kampung Dakwah

Kampung Dakwah

Kampung Dakwah Berbasis Media


A. Sekapur Sirih

Menurut data terkini, jumlah penduduk Indonesia saat ini 256, 2 juta, dari total jumlah penduduk tersebut, 132,7 juta adalah pengguna internet aktif. Sensus penduduk tahun 2010 menunjukan bahwa pemeluk agama Islam sejumlah 87,18 %. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengguna internet secara mayoritas adalah umat Islam.

Dengan adanya internet maka arus informasi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, sebuah informasi akan tersebar dengan sangat cepat dan merata ( viral) serta terjadi secara real time. Kecepatan informasi yang tersebar secara viral dan real time juga berdampak pada feedback  yang tidak kalah cepatnya. Sebuah informasi dapat memuat dua sisi, yang pertama berisi berita benar ( terpercaya) dan salah/ hoax atau berita bohong.

Diera keterbukaan informasi, semua pihak bisa menjadi subjek infromasi, menjadi produser sekaligus penyebarnya, sehingga masyarakat luas yang menjadi object informasi bisa mendapatkan informasi yang benar dan akurat sekaligus juga mendapatkan informasi yang salah, sesat dan menyesatkan ( hoax).

Untuk itu, Kelompok Kerja Penyuluh ( POKJALUH) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen bertekad untuk berpartisipasi aktif mendorong umat Islam khusunya di Kabupaten Kebumen agar tidak sekedar menjadi objek akan tetapi dapat berperan sebagai Subyek informasi. Menjadi produser sekaligus menyebarkan informasi, konten –konten yang positif melalui internet.

Sebagai bentuk kegiatan, POKJALUH Kemenag Kabupaten Kebumen meluncurkan program “Kampung Dakwah Berbasis Media” dengan lokasi pilot project di Desa Jemur, Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.


B. Tujuan Kegiatan

1. Memanafaatkan  teknologi untuk kemaslahatan;

2. Mendorong masyarakat Kabupaten Kebumen terus membuat eksis diri, dengan menyebarluaskan beragam bentuk kreativitas yang dimiliki melalui program penyebarluasan informasi berbasis komunitas;

3. Mengilhami masyarakat Kebumen untuk meningkatkan  budaya bertutur, dan menyempurnakan budaya menulis;

4. Sebagai ajang berpromosi dan berbagi informasi potensi Kabupaten Kebumen sehingga mampu mendongkrak pertumbuhan dan pemerataan ekonomi;

5. Sebagai magnet untuk mendatangkan turis-turis baik domestik maupun mancanegara, hingga dapat mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat;

6. Peningkatan kwalitas pemahaman ajaran Islam dan Pengamalan Ajaran Agama Islam. 


C. PIHAK TERKAIT

1. Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen;

2. Kementerian Agama Kabupaten Kebumen;

3. Penyuluh Agama Islam Fungsional Kemenag Kebumen;

4. Kepala KUA Kecamatan;

5. Penyuluh Agama Islam Non PNS;

6. Pemerintah Desa Jemur;

7. Remaja Masjid Desa Jemur.


D. CAKUPAN KEGIATAN

Sebagai pilot project ditetapkan lokasi percontohan adalah Desa Jemur Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Desa Jemur sebagai role model untuk kemudian dapat diikuti oleh seluruh desa se Kabupaten Kebumen. Perwakilan dari setiap kecamatan akan diberikan orientasi dan  pelatihan  menjadi kontributor website Kampung Dakwah.

Dengan demikian, maka seluruh wilayah kabupaten kebumen akan menampilkan potensi baik dibidang agama, kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan pariwisata yang dibingkai dalam bentuk dakwah online, sehingga akan berkesuaian dengan Visi dan Misi Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten Kebumen.